Home

 

J. Susanto adalah dosen, pemerhati dan advokat kebijakan publik terkait masalah-masalah global dan stratejik. Minatnya dalam masalah global dan stratejik terutama tumbuh dalam kaitan dua latar belakang. Pertama, pendidikan sarjana pada Jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga. Kedua, pendidikan master dalam Studi Politik Global di London School of Economics/LSE. 

Sempat menjadi bagian Caraka Muda Angkatan ke VI Departemen Luar Negeri Republik Indonesia usai menamatkan pendidikan sarjana, pria kelahiran Kediri ini akhirnya memilih mengajar di almamaternya, Departemen Hubungan Internasional Universitas Airlangga hingga kini.

Dalam kaitan posisinya sebagai pengajar, minat luasnya tumbuh terkait tujuh bidang isu berikut. Pertama, demokrasi, otonomi dan reformasi. Kedua, multilateralisme, middlepowership dan politik luar negeri. Ketiga, diplomasi, negosiasi dan tata kelola stratejik. Keempat, globalisasi, nasionalisme dan politik global. Kelima, ketahanan nasional, budaya stratejik dan strategi budaya. Keenam, kepemimpinan kawasan, politik integrasi dan dinamika ekonomi. Ketujuh, strategi kelautan dan geopolitik kemaritiman.

Di luar kesibukan mengajar dan meneliti, keterkaitannya dengan dinamika persoalan sekitar membawanya terlibat dalam serangkaian inisiatif. Selain menjadi penggagas dan ketua pemangku Kuliah Tjokroaminoto untuk Kebangsaan dan Demokrasi, direktur riset Centre for Strategic and Global Studies/CSGS, dan koordinator riset Pusat Studi ASEAN Universitas Airlangga; penggagas sejumlah kajian globalisasi dan studi strategi ini sehari-hari aktif sebagai direktur eksekutif Stratagem Indonesia, sebuah lembaga riset kebijakan dan konsultasi stratejik.

Untuk informasi dan kontak lebih lanjut silakan ikuti twitter @masjizu atau hubungi alamat email j.susanto@stratagem.id lebih lanjut.